oleh

Inovasi Digital Business untuk Para Pelaku UMKM

REMBANG – Para pelaku UMKM di Kabupaten Rembang didorong untuk memanfaatkan pemasaran digital. Terlebih, di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang Idha Hayu, pada webinar inovasi digital business dalam rangka Hari UMKM Nasional, Kamis (12/8/2021). Diharapkan, dengan memasarkan produk secara digital dapat mendongkrak omzet penjualan selama pandemi Covid-19 ini.

Dicontohkan, pada bisnis kuliner di masa PPKM, di mana tidak diperbolehkan makan di tempat dan pembatasan waktu operasional, yang berdampak pada pendapatan pengusaha kuliner. Begitu pula pada pengrajin batik, karena tidak ada pameran, maka daya beli masyarakat menjadi turun.

Baca Juga  IPW: Lingkungan Istana Kepresidenan Untuk Membuat Satu Paket Pergantian Kapolri dan Wakapolri

Untuk itu, Idha berharap, para pelaku usaha kreatif dalam memasarkan produknya melalui pasar digital (e-commerce). Selain itu, juga bisa bekerja sama dengan jasa pengantaran produk.

“Kita ambil tagline, ‘buat saja produkmu, kami yang mengantar dan memasarkan’. Mereka supaya bisa tetap berproduksi, kemudian ada grab dan ekspedisi, Indomaret, dan rumah BUMN,” jelasnya.

Baca Juga  Ini Dia Hubungan Partai Garuda dengan Gerindra

City Lead Grab Food Jateng Area Rembang, Blora, dan Grobogan Isa Rizky Pradana menyampaikan, saat ini lebih dari 5 juta pengusaha mikro, kecil dan menengah sudah bergabung di seluruh Indonesia.

“Grab Food Platform jasa pengantaran makanan terbesar di Jateng. Ini bisa terlihat dari pilihan nomor satu konsumen, lebih dari sekadar jasa pengiriman makanan. Angka pertumbuhan tercepatnya, empat kali pertumbuhan penjualan dalam sebulan,” ujarnya.

Baca Juga  Ini Empat Poin Utama dalam Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM

Selain itu, lanjut Isa, jaringan pengguna Grab merupakan yang terbesar, yakni sebanyak 30 ribuan UMKM, 6 juta download. Kemudian, juga merupakan layanan terbaik di kelasnya, 90 persen alokasi driver sepanjang minggu.

“Lalu 25 menit waktu pengantaran. Ini bentuk pelayanan prima setiap hari untuk customer,” imbuhnya. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed