oleh

Ditunjuk Jadi Pelatih Derby County, Rooney Akhiri Karier

JAKARTA – Wayne Rooney Mantan penyerang Manchester United memutuskan mengakhiri karier bermainnya setelah ditunjuk sebagai pelatih divisi kedua Inggris, Derby County, Jumat (15/1/2021).

Klub Championship itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pria berusia 35 tahun itu telah menandatangani kontrak berdurasi dua setengah tahun.

Rooney bergabung dengan Derby dalam kapasitas sebagai pelatih-pemain setahun yang lalu dari tim MLS DC United dan membuat 35 penampilan untuk klub tersebut.

Dia menjadi pelatih sementara di Derby sejak klub ini bepisah dengan pelatih asal Belanda Phillip Cocu pada November 2020.

Baca Juga  PBMA Berharap Presiden Buka Muktamar ke-20 Mathla’ul Anwar

Rooney memulai karier bermainnya dengan klub masa kecilnya, Everton, dengan mencetak gol pertamanya saat berusia 16 tahun melawan Arsenal.

Dia menjadi salah satu pemain paling ikonik di Inggris dan memenangkan lima gelar liga Inggris dan satu Liga Champions.

Rooney menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi timnas Inggris dengan mencatatkan 120 pertandingan dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bersama timnas dengan 53 gol dan United dengan 253 gol.

“Ketika saya pertama kali tiba kembali ke Inggris, saya benar-benar terpesona oleh potensi Derby County,” ucap Rooney seperti dikutip Reuters.

Baca Juga  4.371 Pekerja Media Menerima Vaksinasi Dosis II di Balaikota Jakarta, Dewan Pers Mengapresiasi Komitmen Pemprov DKI Jakarta

“Terlepas dari tawaran lain, saya tahu secara naluriah Derby County adalah tempat untuk saya.” tambahnya.

Rooney mengikuti jejak Frank Lampard dalam melatih Derby. Namun, pelatih Chelsea itu hampir membuat klub Midlands ini promosi pada 2019.

Rooney kini memiliki tugas berat mencegah Derby turun kasta ke divisi ketiga sepak bola Inggris setelah menjalani musim yang buruk.

Derby berada pada posisi ketiga bawah klasemen, meski penampilan mereka meningkat di bawah arahan Rooney.

Mereka hanya kalah dua dari sembilan pertandingan liga terakhirnya dan mencatat lima clean sheet.

“Kami sangat senang untuk mengkonfirmasi penunjukan Wayne Rooney sebagai pelatih baru kami,” kata CEO Derby Stephen Pearce.

Baca Juga  Kapasitas RS Penuh, Muzani Minta Fasilitas di Kompleks GBK Dijadikan RS Darurat COVID

“Kemajuan hasil kami baru-baru ini di bawah Wayne menghasilkan penampilan positif, terutama kemenangan kandang 2-0 atas Swansea City dan kemenangan 4-0 melawan Birmingham City.”

“Dasar-dasar itu telah memberikan landasan bagi klub untuk berkembang pada paruh kedua musim ini di bawah bimbingan Wayne.”

 

Sumber: siberindo.co

News Feed